Senin, 22 Juli 2013

Tips perjalanan jarak jauh

Beberapa faktor yang harus diperhatikan bila anda ingin berkendara jarak jauh. Karena banyak hal yang dapat membahayakan, selain faktor pengemudi juga faktor dari kendaraan itu sendiri. Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut sebaiknya anda perhatikan tips berikut :
  • Siapkan kendaraan anda dengan baik. Periksa rem, lampu-lampu, tekanan ban, ban serep, oli, air radiator, air accu, AC dan lain-lain yang mungkin bisa menimbulkan masalah di tengah perjalanan nanti. Bawalah ke bengkel langganan anda untuk dilakukan pengecekan ulang dan bila perlu lakukan Tune Up mesin agar menjadi ringan lajunya.

  • Cuaca hujan, angin dan kabut harus diantisipasi. Mesin AC perlu diperhatikan agar kaca tidak menjadi berkabut sehingga pandangan akan terhalang. Persiapkan juga perlengkapan seperti payung ataupun mantel (jas hujan) bila suatu ketika memang diperlukan. Jangan lupa Senter, lampu darurat, segitiga pengaman, Dongkrak, kunci roda, pompa kaki bila anda punya sebaiknya dibawa.

  • Jangan lupa bawa alat komunikasi (telepon genggam), pastikan anda menggunakan jaringan provider yang sudah terjangkau sampai tempat terpencil. Dan jangan lupa sudah terisi baterainya. Karena bila anda dalam kondisi terpojok nantinya alat ini akan sangat membantu anda.

  • Bawa kotak PPPK (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) ini sangat penting di dalam kendaraan anda. Apalagi bila anda membawa serta anak kecil. Isi dengan obat-obatan ringan seperti obat luka, perban dan minyak kayu putih.

  • Jangan lupa gunakan sabuk pengaman. Beristirahatlah yang cukup dan janganlah terlalu dipaksakan karena nanti akan mengantuk dalam perjalanan. Tubuh kita mempunyai batas kekuatan dalam menyetir, apalagi dalam keadaan macet. Istirahatkan tubuh anda secara konstan agar kembali fit. Secara periodik sebaiknya anda menepi dan beristirahat sebentar, atau bila ada kerabat yang bisa menyetir bisa bergantian dengannya.

  • Bila membawa anak kecil bawa serta mainannya yang biasa dia gunakan. Dengan begitu konsentrasi anda tak akan teralih dengan tingkah laku si kecil yang rewel. Pastikan juga mainan tersebut tidak menimbulkan suara gaduh, karena anda bisa terganggu juga konsentrasinya.


Selamat menempuh perjalanan, semoga selamat sampai tujuan.


Wassallamu'allaikum WrWb