Senin, 22 Juli 2013

Tips membersihkan Jamur Kaca

Kaca kendaraan adalah salah satu bagian kendaraan yang tidak kalah penting. Kaca yang kusam sangat mengganggu pandangan baik pada saat cuaca terang apalagi pada saat hujan. Karena kondisi panas dan hujan ini juga yang mengakibatkan kaca kendaraan selalu terlihat kotor. Hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja. Kaca yang terlalu lama tidak dibersihkan akan menjadi kusam dan tumbuh jamur. Untuk menghindarinya anda harus rajin membersihkan kaca kendaraan anda tersebut dengan teratur kalau perlu setiap hari terutama di musim hujan.

MERAWAT KACA, TERHINDAR DARI JAMUR
Untuk melakukan perawatan tidak perlu ke salon kendaraan, sebab cukup hanya dengan menggunakan peralatan yang ada di sekitar kita saja, yaitu seperti :

(1). Sabun mandi cair
(2). Spon pembersih.
(3). Air, dan
(4). Lap

Berikut adalah cara membersihkan kaca kendaraan supaya terhindar dari jamur. Basuh bagian permukaan kaca yang terkena noda atau kotoran dengan air bersih. Gunakan lap yang permukaannya halus atau tidak berserat sebab permukaan lap yang kasar dapat membuat kaca kendaraan anda yang tadinya mulus menjadi tergores dan meninggalkan bekas.

Gunakan sabun mandi cair (dicampur dengan air secukupnya) untuk membersihkan permukaan kaca, kemudian ratakan dengan busa sampai merata ke seluruh permukaan kaca. Untuk membilasnya, siramkan air ke permukaan kaca tadi kemudian keringkan dengan menggunakan lap bersih dan kering.

Dalam perawatan sehari-hari, hindari memarkir kendaraan dalam keadaan terjemur langsung oleh terik matahari karena bisa mempercepat proses timbulnya jamur. Setiap habis bepergian jangan lupa bersihkan kendaraan anda dengan menggunakan lap atau kemoceng. Dan terakhir, jangan lupa untuk membersihkan kaca kendaraan minimal dua minggu sekali.

KACA KENDARAAN BERJAMUR
Lain halnya bila kaca kendaraan anda sudah timbul jamur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu :

Dilakukan sendiri
Gunakan obat penghilang jamur yang dijual di toko asesoris kendaraan, merknya sangat beragam dan harganyapun juga terjangkau. Jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu mengenai penggunaannya. Baca petunjuk cara penggunaannya dengan seksama yang ada di kemasan. Ikuti petunjuknya dan praktekkan pada sebagian kecil area kaca yang terkena jamur terlebih dahulu, setelah hasilnya memuaskan seperti yang diinginkan bisa digunakan untuk seluruh permukaan.

Oleh tenaga ahli
Bila cara pertama tidak memperoleh hasil yang maksimal, coba lakukan secara berkala atau lebih sering maka setelah dua atau tiga kali dilakukan hasilnya akan semakin terlihat. Bila anda tidak mau repot dan mempunyai dana ekstra bawa saja ke salon kendaraan. Kaca yang tergores juga dapat diatasi akan tetapi hanya dapat dilakukan oleh orang-orang khusus atau yang ahli, karena juga menggunakan peralatan yang khusus juga.

Semoga bermanfaat.


Wassallamu’allaikum WrWb.