Senin, 22 Juli 2013

Tips membeli Kendaraan bekas (seken) Part-3

Hal-hal lain yang juga perlu diperhatikan, jika kita akan membeli Kendaraan bekas (seken) antara lain yaitu :

Periksa latar belakang Kendaraan tersebut. Hal ini tidak akan memberikan jaminan bahwa Kendaraan tersebut OK untuk dibeli, namun bisa saja Kita mendapatkan informasi penting semisalnya ; ternyata Kendaraan tersebut sudah pernah mengalami tabrakan yang parah atau odometernya sudah pernah dirubah, dll.

Minta tolonglah kepada rekan Kita yang lebih mengerti dan paham dalam hal urusan membeli Kendaraan untuk membantu Kita memilih Kendaraan bekas.

Jangan pernah membeli Kendaraan bekas dari tabrakan yang parah, terutama terkena tabrakan frontal. Karena nantinya akan banyak masalah yang timbul di belakang akibat dari tabrakan yang parah tersebut.

Jangan langsung membeli Kendaraan bekas saat Kita pertama kali melihatnya, untuk itu bersabarlah. Coba dulu Kendaraan tersebut, biasanya masalah akan terdeteksi (diketahui) saat Kendaraan sudah dicoba di jalan terlebih dahulu.

Janganlah langsung percaya (omong kosong penjual), jika pemilik berkata bahwa Kendaraan ini tangan pertama dan hanya dipakai di jalan tol saja dan lain sebagainya. Kemungkinan besar Kendaraan tersebut adalah bekas dari perusahaan rental.

Jangan membeli Kendaraan tersebut jika Kita masih merasa bimbang. Kalau menurut Kita mesinnya agak berisik, transmisinya kurang halus, agak berkarat, dan sebagainya. Lebih baik Kita mencari Kendaraan bekas lainnya (mencari alternatif lain).

Jangan membeli Kendaraan yang mana Kita harus melakukan walaupun hanya "sedikit" perbaikan, karena pada kenyataannya Kita harus melakukan perbaikan di sana-sini tanpa henti-henti dan akhirnya menghabiskan banyak uang.

Jangan membeli Kendaraan yang bekas terkena banjir. Air dapat menyebakan Kendaraan tersebut berkarat, kerusakan perangkat elektronik, kerusakan pada transmisi, dan lain sebagainya.

Jangan terlalu skeptis dan kasar terhadap penjual Kendaraan tersebut. Walaupun kita kurang percaya kepada penjual Kendaraan, namun banyak juga penjual Kendaraan yang memang benar-benar jujur.

Tetaplah berpendirian teguh, akan tetapi janganlah kasar, bersikaplah baik kepada mereka dan mereka juga pasti siap membantu Kita.

Semoga bermanfaat.


Wassallamu'allaikum WrWb.