Senin, 22 Juli 2013

Tips melepas Stiker pada Kendaraan

Terkadang kita dibuat kesal oleh tangan-tangan jahil yang seenaknya menempelkan stiker pada kaca atau bodi kendaraan kita. Repotnya lagi, gambar tempel tersebut sulit untuk dilepaskan dan bisa-bisa meninggalkan bekas setelah dilepaskan.

Ada sedikit bocoran tips dari sumber yang sudah berpengalaman terhadap hal ini, mengenai cara mengelupasnya. Akan tetapi sebelum kita melakukan ada baiknya harus kita periksa terlebih dahulu untuk mengetahui jenis stiker tersebut agar dapat mengambil langkah dengan benar. Secara prinsip ada dua jenis bahan stiker, yaitu :

Stiker kertas ( Reflektif )
Stiker Vynil ( Non-reflektif )

Dari ke dua jenis Stiker tersebut yang paling sulit dan membutuhkan banyak kesabaran adalah stiker dari bahan kertas karena permukaannya yang dilepas cenderung kecil-kecil dan kerap meninggalkan bekas.


Jika mengelupas stiker kertas pada kaca, maka itu agak lebih mudah. Yaitu dengan cara membasahi di sekitarnya menggunakan air sabun agar tidak cepat kering, ada baiknya dilakukan di tempat yang teduh. Setelah itu, gunakan silet atau pisau cutter yang tajam untuk mengikisnya. Posisikan permukaan tajamnya menempel dengan kaca dengan posisi miring, bukan menyudut untuk menghindari baret pada Kaca. Bila sudah mengering basahi kembali, begitu seterusnya.

Awas... ! Teknik seperti ini tidak dibenarkan bila stiker menempel pada bodi Kendaraan, karena tentu akan menggores cat. Untuk stiker yang menempel pada bodi Kendaraan dianjurkan menggunaan alat pemanas (heat gun) yang bentuk dan fungsinya seperti hair dryer. Boleh juga menggunakan pengering rambut, tetapi usahakan suhunya jangan terlalu panas karena akan merusak cat.

Langkah pertama, hangatkan stiker hingga mudah untuk diangkat. Sesuaikan panasnya sampai menemukan panas yang ideal sehingga Anda mudah untuk melakukan pelepasan stiker dari bodi. Cara yang lain, direkomendasikan menggunakan spray yang dapat dibeli di toko asesoris kendaraan. Namun, langkah ini tidaklah lebih mudah dan membutuhkan kesabaran ekstra serta harus menyemprotkannya berulang ketika menyisakan lapisan kertas yang masih menempel.

Sementara, stiker non-reflektif tidak memerlukan alat bantu. Cukup menariknya dengan perlahan dan semua permukaan akan terangkat. Ketika meninggalkan sisa lem yang tidak dapat terangkat, gunakanlah obat poles yang mengandung compound.

Semoga bermanfaat.


Wassallamu'allaikum WrWb.