Senin, 22 Juli 2013

Deteksi kelistrikan mobil bekas (Seken)

Ketika kita akan membeli mobil bekas, yang perlu diperhatikan tidak hanya meneliti kondisi bodi dan suara mesin saja. Akan tetapi juga harus diketahui pula sistem kelistrikannya, seperti kondisi ketika sinar lampu terang saat digas dan meredup ketika putaran mesin turun, kemudian ruang mesin apakah juga dipenuhi dengan kabel-kabel.

Biasanya mobil dengan usia di atas lima tahun banyak mengalami gangguan pada sistem kelistrikan. Selain karena kabel sudah dimakan usia (yang menjadikan keras atau getas) dan juga kabel yang sudah tua biasanya kemampuannya dalam menghantarkan arus listrik menjadi berkurang.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencari tahu, apakah kelistrikan mobil masih tergolong sehat atau tidak. Dari sekian banyak cara, yang mudah dan populer adalah dengan menggunakan Voltmeter. Cobalah lakukan beberapa langkah seperti dibawah ini :

Periksa ruang mesin dengan membuka Kap, apakah banyak kabel tambahan yang tidak standar dan apalagi tidak rapi. Ada kemungkinan hal ini banyak masalah.

Perhatikan pada terminal positif (+) Aki. Jika banyak kabel tambahan, hal ini mengindikasikan banyak aksesori tambahan yang membutuhkan listrik dan kemungkinan diambil dengan model bypass.

Teliti komponen kelistrikan seperti : Lampu-lampu, AC, dan power window, Electric Miror. Jika semuanya dapat bekerja dengan baik, berarti kelistrikan masih dapat dibilang bagus.

Uji mesin dengan kondisi beban penuh seperti : menyalakan AC, menyalakan lampu-lampu, Audio dan lainnya, kemudian naikan putaran mesin. Jika sinar lampu, baik pada lampu utama ataupun panel-panel lampu yang ada di Dashboard terangnya tidak stabil atau putaran kipas elektrik bertambah kencang, berarti ada masalah dengan pasokan listrik dari alternatornya.

Kalau masih penasaran juga, lakukanlah hal sebagai berikut : periksa tegangan Aki pada saat mesin tidak hidup. Kondisi yang baik, angka di Voltmeter menunjukkan antara 12 ~ 13 volt.

Untuk memeriksa Alternator, hidupkan mesin dan seluruh perangkat kelistrikan seperti : Lampu besar, Audio, AC dan pemanas kaca. Ukurlah tegangan pada aki dengan menggunakan Voltmeter. Alternator yang masih sehat akan menunjukkan tegangan Aki yang baik, yaitu pada angka 12,8 volt.

Periksa tegangan pada beberapa titik yang menjadi aliran listrik positif, seperti koil, lampu-lampu, pemantik api, dan komponen lainnya. Carilah bagian yang memungkinkan Anda dapat mengecek tegangan listriknya dengan perbedaan tegangan tidak lebih dari 0,5 volt.

Semoga bermanfaat.


Wassallamu'allaikum WrWb.