Senin, 22 Juli 2013

Tips membeli Kendaraan bekas (seken) Part-1

Membeli Kendaraan bekas pakai sangat berbeda dengan membeli kendaraan yang masih baru. Ada tips yang perlu diperhatikan saat Kita akan membeli Kendaraan bekas. Sangat membantu Kita agar lebih leluasa mencari Kendaraan yang paling sesuai dengan kebutuhan transportasi kita, bahkan kebutuhan prestise. Kita juga bisa mendapatkan Kendaraan berkualitas dengan harga yang terjangkau, asalkan Kita tahu caranya. Langkah pertama dalam proses membeli Kendaraan bekas adalah menilai secara detail kebutuhan transportasi Kita. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bisa membantunya, yaitu :

Tujuan membeli Kendaraan : tentukan jenis Kendaraan yang akan dibeli berdasarkan penggunaannya. Contoh bila digunakan untuk menjemput anak sekolah, pilih Kendaraan yang menawarkan ruang lega. Atau untuk keperluan transportasi kerja, pilih yang nyaman dan irit bahan bakar. Gaya hidup Kita juga berperan menentukan jenis Kendaraan yang akan dibeli.

Tentukan fitur-fitur yang harus ada seperti : AC, aneka macam power, CD changer dll. Tulis semuanya dalam daftar persyaratan yang harus ada. Termasuk pula fitur-fitur safety seperti : rem ABS, SRS Airbag, Child door lock, dll.

Hitung berapa besar kemampuan finansial untuk membeli Kendaraan tersebut, termasuk uang muka dan pembayaran bulanan bila kredit. Bila Kita sudah menentukan sejumlah tipe atau model dan merek, analisa kelebihan dan kekurangannya. Kita bisa mendapatkan informasi dari teman yang pernah menggunakan Kendaraan yang dsejenis.

Bisa juga mencari informasi dari situs-situs otomotif dan klub-klub otomotif yang ada. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari masing-masing merek itu termasuk resale value, performa, layanan perbaikan dan harga atau ketersediaan komponennya. Dari sana Kita bisa menentukan Kendaraan mana yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita.

Semoga bermanfaat.


Wassallamu'allaikum WrWb.