Senin, 22 Juli 2013

Mengganti Ukuran Ban kendaraan

Sebenarnya ukuran ban telah ditentukan oleh standar pabrikan semuanya telah diatur melalui perhitungan dan berbagai pertimbangan. Akan tetapi, mengganti ukuran ban tidak selalu berakibat negatif bagi performa dan penampilan kendaraan. Pada kendaraan, ban sering diganti dengan ukuran nonstandar justru demi menaikkan penampilan atau performa. Namun sedikit dari pemilik kendaraan yang mengganti ban mobil mereka hanya untuk penampilan semata.

Terkait hal tersebut, Service Manager PT KIA Motor Indonesia Eka S, yang sehari-harinya menghadapi si karet bundar punya kiat menetapkan ukuran ban pengganti yang sesuai. Sama dengan komponen kendaraan lainnya, ban juga dibuat dengan ukuran tertentu. Ukuran ban memiliki beberapa parameter. Sesuai aturan internasional, ban memiliki diameter luar dan dalam, tinggi, serta lebar telapak. Jika salah dalam memilih satu elemen saja maka akan berakibat menurunnya kinerja mesin kendaraan.

Salah satu contohnya pada mobil sedan berukuran sedang atau hatchback atau city car seperti Hyundai Atos, atau KIA Picanto. Pada keadaan standarnya, Picanto menggunakan velg berukuran 13 inchi, lebar telapak 16,5 mm, dan persen tinggi 70 persen. Angka-angka ini biasanya tertera pada penampang luar ban sebagai 165 / 70 - R13.

Nah...!! masalahnya, angka 70 persen itu bukan merupakan ukuran diameter lingkar luar yang sebenarnya. Penggunaan harus menghitung sendiri besaran diameter luar ban yang akan digunakannya. Caranya, pertamanya adalah dengan mengkonversikan diameter velg dari inci ke satuan mm dengan cara mengalikan dengan angka 25,4. Contohnya, untuk velg 13 inci akan menjadi 13 x 25,4 menjadi 330,2 mm.

Sementara itu, angka 165 pada penampang ban juga harus diartikan sebagai angka 16,5 mm. Lalu, tinggi diketahui dengan mengalikan 70 persen dengan 16,5 mm, maka didapat 11,55 mm. Setelah itu, dapat diketahui diameter luar atau tinggi ban yang sebenarnya yaitu, 330,2 mm + 2 (11,55 mm) menjadi 35,33 cm. Dari perhitungan dan angka-angka tersebut, pengguna dapat memperkirakan spesifikasi ban seperti apa yang paling cocok dan serasi untuk mengganti ban standar kendaraannya.

Pada contoh ban 13 inci tersebut, sebaiknya jika ingin diganti dengan ukuran 14 inci dengan lebar telapak 165 atau 155. Akan tetapi, ban dengan spesifikasi tersebut masih termasuk jarang di pasaran.

Mengganti ban yang serasi perlu diperhatikan sebab akan memberikan kontribusi beban kerja mesin dan akhirnya berpengaruh pada performa mesin itu sendiri. Jika anda salah memilih, maka dapat menimbulkan knocking dan boros pada bahan bakar. Sumber : Kiosban.com

Semoga bermanfaat.


Wassallamu'allaikum WrWb