Senin, 22 Juli 2013

Mobil lama jadi kembali cantik

Memiliki kendaraan lama tidak perlu malu ataupun minder. Gaul men... gaul, apalagi bila penampilan kendaraan kita lain dari pada yang lain, terlihat segar dan trendi. Maka, selain akan menjadi pusat perhatian bagi orang disekitar juga akan menimbulkan rasa iri tentunya. Setelah proses seleksi pembelian kendaraan seken sudah kita lalui : yaitu dari penentuan jenis kendaraan, pengecekan kondisi mesin, kondisi bodi kendaraan dan lain sebagainya. Langkah selanjutnya adalah mempercantik kendaraan tersebut agar tidak kalah dengan kendaraan baru.

Bagaimana caranya mengubah penampilan supaya kendaraan kita kelihatan Keren (Fresh) dan juga nyaman dikendarai ? Kalau tidak mau repot dan memiliki dana lebih, sebenarnya kita bisa membawanya ke Salon Mobil langganan. Akan tetapi kalau mau hemat biaya, kita bisa coba lakukan beberapa langkah berikut ini :

(1) Jok
Kondisi Interior yang kotor adalah keadaan yang biasa dijumpai pada kendaraan bekas, apalagi pemiliknya kurang rapih. Bersihkan Jok kendaraan secara keseluruhan, Jok ada yang berbahan Kulit dan ada juga yang berbahan Beludru, untuk lebih jelasnya baca : "Tips merawat Jok Kulit" dan "Tips merawat Jok Beludru" pada artikel lain di Blog ini.

(2) Karpet
Perhatikan apakah Karpet lembab atau tidak, bisa jadi ada kebocoran sebaiknya kita angkat Karpet secara keseluruhan. Manfaat yang pertama adalah agar seluruh kotoran dapat dibersihkan, yang kedua penataan interior Karpet yang sudah tidak rapi dapat kita rapikan kembali. Dan yang ketiga supaya kita mengetahui apakah dibawah karpet tersebut ada bagian-bagian yang perlu diperbaiki (seperti bodi keropos, karat dan lain-lain). Bersihkan Karpet dengan Vacum Cleaner (dan bila perlu di cuci) kemudian jemur Karpet di tempat yang panas sampai benar-benar kering.

(3) Plafon
Pada umumnya kendaraan model lama, Plafon terbuat dari bahan plastik atau Vinyl. Untuk itu bisa gunakan Deterjen untuk mengangkat noda kotoran yang menempel, caranya sediakan : spon, air, deterjen dan Lap kering. Kemudian Spon dibasahi dengan air yang sudah dicampur dengan Deterjen secukupnya kemudian gosokkan pada bagian yang kotor tadi, setelah kotoran terangkat kemudian dilap sampai bersih dengan menggunakan Lap kering. Lakukan hal tersebut pada bagian yang lain.

(4) Dashboard
Agar Dashboard mengkilap kembali, bersihkan dahulu seluruh permukaan Dashboard dengan menggunakan Spon dan air deterjen seperti langkah di atas (pada pembersihan plafon). Setelah seluruh permukaan bersih dan sudah kering, lapisi dengan menggunakan cairan khusus atau semir khusus yang banyak dijual dipasaran. Dashboard senantiasa akan terlihat seperti baru lagi.

(5) Bodi
Kendaraan bekas biasanya sudah dilakukan pengecatan ulang oleh pemiliknya. Namun apabila memang belum, biasanya pada nad-nad sudah banyak kotoran yang menumpuk karena tidak terjangkau oleh Spon pada saat kendaraan dicuci. Bagian bodi mobil disela-sela atau nad-nad pintu dan lain sebagainya, gunakan sikat halus dan air dicampur dengan pembersih untuk membersihkan kotoran yang menempel. Langkah terakhir poles bodi kendaraan dengan obat poles yang banyak dijual dipasaran agar mobil bekas anda kembali kinclong.

(6) Kaca
Untuk membersihkan kaca dari Jamur, ada cairan khusus penghilang Jamur yang banyak dijual di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk lebih jelasnya baca : "Tips membersihkan Jamur" pada artikel lain di Blog ini.

Semoga bermanfaat.


Wassallamu'allaikum WrWb