Senin, 22 Juli 2013

Penyebab sekring sering putus

Manfaat Sekring pada kendaraan sangat penting dan dapat berfungsi ganda, yaitu melindungi komponen elektrik kendaraan agar tidak terjadi kerusakan yang diakibatkan adanya suplai listrik yang berlebihan dan juga dapat berfungsi sebagai sensor atas adanya ketidak normalan sistem kelistrikan (hubungan arus pendek, dll). Sekring ini mempunyai karakter sangat sensitif. Bila suatu ketika suplai listrik melebihi kebutuhan, hal itu menjadi tugasnya sebagai penahan dan pemutus aliran listrik agar komponen elektrik tidak menjadi rusak atau terbakar. Karenanya, kondisi sekring harus selalu diperhatikan agar dapat bekerja secara maksimal.

Seperti halnya mengganti bola lampu dengan watt yang lebih besar, sebaiknya sekring juga harus disesuaikan dengan besarnya pemakaian aliran listrik. Kalau memang sudah sesuai, sekring tidak perlu diganti. Jika belum lebih baik disesuaikan dan diberi tambahan relay karena kabel standar akan tidak kuat. Kemudian juga mencegah hubungan arus pendek (korslet).

Pemilihan dan penggunaan sekring agar tepat sebaiknya harus sesuai dengan anjuran yang ada di Fuse box. Jadi pemilik mobil harus paham fungsi sekring baik untuk sistem pencahayaan, maupun perangkat elektronik lainnya. Untuk membantu Anda, di bawah ini ada beberapa diagnosis seputar sekring putus yang mengakibatkan mobil tidak dapat jalan atau ada bagian lain tidak berfungsi.
  • Sekring putus ketika lampu besar difungsikan. Besar kemungkinan, kesalahan terletak pada tombol atau karena korsleting pada kabel-kabel yang terhubung.
  • Sekring putus saat kendaraan tergoncang. Besar kemungkinan, ada beberapa bagian isolator yang rusak sehingga ketika kendaraan bergoncang bagian-bagian tersebut dapat menyentuh bodi.
  • Sekring putus saat pedal rem diinjak. Periksa bagian beberapa dari tombol dan lampu, apakah ada korsleting akibat dari kabel yang terkelupas atau adanya jalur kabel yang salah.
  • Sekring putus saat tombol dimmer switch dari lampu besar digunakan. Ada kemungkinan tuas mengalami kerusakan.
  • Sekring putus saat gigi persneling mundur dimasukkan. Kemungkinan, switch lampu mundur mengalami kerusakan.
  • Sekring putus saat sein diaktifkan. Kesalahan terletak pada kabel tuas lampu sein yang mengalami korsleting.
Semoga bermanfaat.


Wassallamu'allaikum WrWb