Senin, 22 Juli 2013

Menghindari kaca menjadi buram

Kaca Kendaraan itu adalah salah satu bagian terpenting yang mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara. Untuk itu kaca Kendaraan harus selalu dirawat dan dijaga kebersihannya, agar pandangan pengemudi selalu jelas baik itu siang, malam dalam segala macam kondisi cuaca diluar. Kaca Kendaraan yang kotor dan berjamur tentunya dapat menyebabkan kaca menjadi buram dan mengganggu pandangan saat mengemudi.

Sampai dengan saat ini ada 2 jenis kaca Kendaraan, yaitu jenis : lamisave atau laminated dan kristal, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Kelebihan kaca lamisave, bila kacanya pecah maka penumpang akan lebih terjamin keselamatannya karena kaca tidak langsung berserakan dan pada saat itu juga tidak harus langsung diganti. Kekurangannya, jika kaca ini diganti harganya relatif mahal dan pemasangan untuk kaca ini resikonya lebih tinggi karena tergolong sulit. Kalau kaca kristal, kelebihannya lebih kuat akan tetapi bila kaca ini pecah maka harus segera diganti, namun pemasangannya tidak sesulit kaca Lamisave.

Akan tetapi apapun jenis kacanya, tetap saja harus diperlukan perawatan yang tepat agar kaca Kendaraan tidak lekas buram, rusak sehingga keadaannya tetap bersih dan bening lebih lama. Merawat kaca Kendaraan sangatlah berbeda dengan merawat cat Kendaraan, untuk itu ada beberapa tips agar kaca Kendaraan terhindar dari yang namanya kaca jadi buram, yaitu :

Jangan menggunakan atau menggerakkan wiper untuk membersihkan kaca Kendaraan dalam keadaan permukaan kaca kering, terutama jika kondisinya sedang berdebu atau kotor. Karena jika tidak, debu atau kotoran dapat menyebabkan goresan-goresan halus bahkan kasar pada kaca Kendaraan. Selain itu masa pakai karet wiper juga jadi tidak awet atau lekas rusak. Jadi untuk membersihkan kaca Kendaraan dengan wiper, basahi atau semprotkanlah terlebih dahulu cairan wiper, agar permukaan kaca Kendaraan menjadi licin, dengan begitu kotoran atau debu tidak akan menyebabkan goresan.

Pada saat musim hujan, gunakan wiper seperlunya atau sesuaikan kecepatannya dengan intensitas air hujan yang turun. Jika hanya gerimis gunakan sesekali saja, karena jika terlalu sering menggunakan wiper dengan memilih gerakan yang paling cepat saat gerimis, maka dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan belang antara bagian yang tersapu wiper dan bagian yang tidak, karena gerakan wiper yang terlalu cepat saat permukaan kaca Kendaraan idak terlalu basah akan merusak lapisan kaca dan mengikisnya.

Gantilah segera karet wiper yang telah rusak, tandanya adalah karet yang sudah tidak lentur, terlihat retak dan saat digunakan untuk menyapu air, terlihat air tidak tersapu sempurna ataupun tidak merata pada permukaan kaca. Rajinlah untuk membersihkan juga karet wiper agar lebih awet.

Gunakanlah wiper fluid atau cairan wiper yang memang khusus untuk digunakan sebagai cairan wiper. Menggunakan cairan wiper dari air yang dicampur dengan sabun biasa memang efektif juga untuk membersihkan kaca Kendaraan dari kotoran debu ataupun lemak, akan tetapi tidak direkomendasikan, karena kemungkinan sabun biasa dapat menimbulkan endapan pada kaca jika bereaksi dengan udara ataupun sinar matahari juga pada reservoir Kendaraan.

Jangan membiarkan air atau kotoran terlalu lama menempel di kaca. Jika kaca Kendaraan telah terlihat kotor, biasakanlah segera bersihkan dengan lap chamois dan air lalu keringkan. Karena kaca yang kotor dalam waktu lama dapat menyebabkan timbulnya jamur kaca, memang saat ini banyak produk perawatan Kendaraan untuk menghilangkan jamur kaca, akan tetapi perlu diketahui juga terlalu sering menggunakan penghilang jamur kaca Kendaraan dapat membuat lapisan anti UV yang terdapat pada kaca Kendaraan menipis atau bahkan hilang dan membuat kaca lebih mudah pecah.

Jika kaca Kendaraan sudah terlanjur berjamur, sebaiknya serahkan saja ke salon Kendaraan yang berkualitas, karena memoles kaca Kendaraan untuk menghilagkan jamur tidaklah semudah memoles body Kendaraan dan memerlukan alat dan lap yang tepat dan khusus, kesalahan memoles kaca Kendaraan sangat fatal, karena bisa-bisa kaca malah jadi buram.

Semoga bermanfaat,


Wassallamu'allaikum WrWb